Tips Memulai Pemasaran Facebook Bagi Pemula

Diposting pada

facebook ads

Mungkin Ada diantara Anda yang masih ragu untuk mulai menggunakan Facebook Ads sebagai sarana promosi usaha. Hal ini memang tidak dapat disalahkan jika Anda memang belum begitu memahami tentang promosi di media sosial. Sebenarnya Anda juga dapat memanfaatkan keberadaan jasa iklan facebook jika tidak ingin repot mempelajari banyak istilah dan menerapkannya.

Namun jika Anda juga ingin menguasai tentang iklan facebook ini, maka berikut tips memulai pemasaran di facebook;

Pemasaran di Facebook akan meliputi periklanan (advertising) yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan. Sementara Facebook adalah jejaring sosial untuk saling berbagi antar penggunanya, dan bukan untuk penjualan. Namun demikian, Facebook tetap dapat digunakan untuk menunjang penjualan bisnis Anda, melalui

Pages, yang seakan menjadi profil perusahaan Anda dimana dalam halaman tersebut berisi konten berkualitas dan bermanfaat bagi pengguna Facebook lainnya.

Groups, untuk mengumpulkan akun yang memiliki minat terhadap bisnis Anda dimana mereka akan berinteraksi sehingga membahas merek usaha Anda.

Ads, berupa tayangan (konten) yang harus Anda bayar untuk memunculkannya di kalangan pengguna yang diincar sesuai pasar bisnis Anda.

Praktik Pemasaran Facebook

Berikutnya, adalah mengetahui cara melakukan pemasaran di Facebook dengan baik

Kenali Pasar

Pertama kali yang harus Anda lakukan saat akan memulai memasarkan produk dan layanan di Facebook adalah mengetahui pasar untuk bisnis Anda (calon konsumen potensial). Anda bisa memanfaatkan Facebook Audience Insights untuk mencari info detail tentang konsumen potensial Anda, meliputi jenis kelamin, tingkat pendidikan, status, lokasi, bahasa, profil penggunaan Facebook hingga berbagai pembelian yang pernah mereka lakukan.

Usahakan Tetap Natural

Untuk membuat bisnis Anda tetap berada di platform Facebook, sebaiknya buat kampanye iklan Anda senatural mungkin. Utamakan unggahan berkualitas dan bermanfaat yang akan memicu banyak like dan share. Apabila halaman Anda hanya berisi tentang barang dagangan, bukan hanya Facebook yang tidak suka, calon pelanggan pun juga akan merasa ragu.

Konten Berkualitas

Konten sebaiknya dapat memotivasi pengguna untuk terlibat di dalam postingan tersebut. Jadi, selain unggahan yang melulu hanya berisi penjualan, hindari juga update yang tidak bermutu. Dengan demikian, Anda lebih mudah menyesuaikan strategi dari respon calon konsumen Anda.

Lebih Proaktif

Setelah Anda mengunggah konten yang memicu komentar dari seorang pengguna Facebook, usahakan untuk segera memberikan balasan. Ini merupakan bentuk respon yang menunjukkan bahwa Anda ada di sana, berinteraksi dengan mereka. Sehingga calon pelanggan Anda tidak akan kabur lantaran merasa bicara sendiri.

Sesuaikan Waktu

Jika Anda sudah mendapatkan hasil dari Insight, maka Anda sudah mengetahui jam berapakah orang-orang yang menjadi target pasar Anda aktif. Pada jam tersebut, segera posting update konten Anda atau tampilkan iklan Facebook agar dapat menjangkau lebih banyak orang.

Demikianlah tips singkat tentang cara mengawali kampanye iklan di Facebook yang bisa Anda coba terapkan sendiri. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *