Sejarah Kerajaan Islam Tertua Di Indonesia

Diposting pada

Ok, kali ini kami akan membahas tentang salah satu kerajaan islam tertua di Indonesia sahabat, tau gak? ternyata di Negeri kita tercinta ini banyak sekali sejarah nya loh salah satu nya adalah tentang kerajaan, nah, di artikel kali ini kami akan memberikan sedikit sejarah singkat tentang sebuah kerajaan untukmu yang belum tahu sekali tentang kerajaan ini jangan kemana-mana ya tetap disini.

Seperti yang kami janjikan akan mengulas sedikit tentang kerajaan cirebon yang mana kerajaan ini adalah salah satu kerajaan islam tertua yang berada di Indonesia, tau gak gaes bahwasanya kerajaan ini ialah kerajaan yang bercorak islam ya, itu pasti, dan letak kerajaan tersebut adalah di Cirebon, Jawa Barat, Indonesia.

Oh, iya, kerajaan ini berdiri pada abad ke lima belas dan enam belas Masehi loh, buat mu yang belum tahu sekarang udah tahu ya kapan berdirinya kerajaan ini, kerajaan ini juga memiliki nilai perdagangan yang sangat maju loh.

Karena kerajaan ini terletak di dekat pantai utara atau di dekat perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat, kerajaan ini juga memiliki dua budaya, yang mana diantaranya adalah Sunda dan Jawa loh gaes, sehingga memiliki ciri khas untuk kerajaan tersebut.

Menurut catatan sejarah bahwasannya dahulu kala nama Cirebon adalah suatu wilayah kecil kemudian dibangun oleh Ki Gendeng Tapa, seiring berjalannya waktu daerah tersebut sangat berkembang dan mulai ramai banyak penduduk berdatangan dan kemudian ia memberikan nama Caruban.

Nama Caruban sendiri karena banyak orang yang berdatangan dari mulai berbeda-beda suku, bahasa, agama, latar belakang sampai ke mata pencariannya pun berbeda dan masyarakat yang berdatangan tidak hanya untuk berdagang saja melainkan untuk menetap di daerah tersebut, rata-rata pencaraian mata uang penduduk tersebut ialah nelayan.

Kemudian hasil penangkapan ikan tersebut dapat dikembangkan dan diolah menjadi terasi yang sebelumnya itu adalah udang kecil, tidak hanya itu bisa juga dijadikan garam dna petis, perkembangan disini masih terus berlanjut dan kemudian disinilah awal mula nama Cirebon yang diambil dari kata udang rebon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *